Friday 18 January 2013

GAYATRI MANTRAM


Gayatri Mantram merupakan mantra yang mempunyai kekuatan dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan sangat tergantung dari tingkat kesucian pikiran dan hati orang yang mengucapkannya. Walaupun 10 orang sama-sama mengucapkan mantra gayatri, tetapi hasilnya tidak akan sama.
Banyak di antara umat Hindu yang mengenal dan hafal Gayatri Mantram, namun belum semua di antara mereka yang hafal dan mengenalnya, serta mengetahui kegunaan dari Gayatri Mantram ini yang merupakan ibu dari segala mantra.
Berikut beberapa kegunaan dari Gayatri Mantram :
1.      Mantra Gayatri untuk menyembah dan mengagungkan Tuhan.
Dengan mengucap Gayatri minimal sebanyak 108 kali sesering mungkin untuk mengagungkan dan menyembah-Nya, maka kita akan memperoleh ketenangan jiwa dan pikiran.
2.      Mantra Gayatri untuk membuka tujuh cakra utama yang ada dalam diri manusia, di bantu Pranayama dan Dagdi Karana.
3.      Mantra Gayatri untuk mendoakan para Bhatara dan leluhur kita.
Bhatara yang duduk di sebuah Pura, dulunya adalah manusia seperti kita. Bedanya beliau pada waktu hidupnya sudah mempelajari dan mengamalkan Weda, sehingga mencapai tingkat kesucian tertentu menurut kacamata Tuhan dan diijinkan untuk menjadi Bhatara (pelindung). Kita tidak perlu menyembah beliau, tetapi cukup mendoakannya saja karena beliau belum mencapai tahapan puncak (Aham Brahma Asmi).
4.      Gayatri mantram diucapkan pada saat kita mau berangkat kerja, melewati tempat-tempat angker dan menakutkan.
Ketika kita mau berangkat bekerja atau pergi ke suatu tempat, sebelum melangkah keluar pintu rumah ada tata karma yang perlu dilakukan demi keselamatan kita di jalan, apalagi pada malam hari. Apabila kita merasakan ketakutan ketika kita melewati suatu tempat, maka ucapkanlah Gayatri Mantram.
5.      Gayatri Mantram untuk mendoakan orang yang sedang sakit.
6.      Gayatri Mantram kita ucapkan pada saat kita akan tidur
.

Jumlah bait yang di ucapkan juga mempunyai manfaat tertentu, di antaranya :
·         Apabila kita memohon pertolongan dari Tuhan, kita ucapkan Gayatri mantram sebanyak 7 kali (pitu-lungan), 70, 700, atau lebih bagus lagi 7000.
·         Bila kita memohon kesempurnaan, maka kita ucapkan sebanyak 9, 99, 999, dan lebih bagus lagi 9999 kali.
·         Apabila kita memohon jalan yang sukses atas suatu kegiatan atau upacara, maka kita ucapkan gayatri Mantram sebanyak 11 kali (pintu gerbang), 111, atau 1111 kali.
Demikianlah sebagian kecil manfaat dari Gayatri Mantram. Selain beberapa manfaat di atas, masih banyak dan luas lagi manfaat dari Ibu Mantra tersebut.

1 comment:

  1. Apakah kita perlu dn butuh suatu attunment untuk merapalkan gyatri mantra ini ? Apabila ya kepada siapa dpt melakukan attunment ini di Jkt atau bdng mhn bantuaannya Tq
    Salam
    Tandyo

    ReplyDelete